Seperti hubungan lainnya, persahabatan juga memerlukan beberapa hal penting untuk menjaga sekaligus mempertahankannya. Persahabatan akan menjadi lebih berharga jika kita bisa menjaganya dengan baik. Memang benar, persahabatan sejati tidak mungkin bisa berjalan dengan mulus karena seiring dengan berjalannya waktu, pasti selalu ada sebuah konflik atau masalah bahkan terkadang hanya karena sebuah masalah sepele persahabatan bisa menjadi renggang. Seperti pacaran, persahabatan juga membutuhkan prinsip, komitmen dan kasih sayang.

Mengapa persahabatan sangatlah penting? Masyarakat cenderung menempatkan penekanan pada hubungan yang romantis. Kita berpikir bahwa jika kita bisa menemukan orang yang tepat, kita akan bahagia dan puas. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa sahabat justru lebih penting untuk kesejahteraan psikologis daripada hubungan cinta dan keluarga. Persahabatan membawa lebih banyak kebahagiaan dalam hidup kita dibanding apa pun. Tidak hanya itu, persahabatan memiliki dampak yang kuat pada kesehatan fisik kita. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial yang kurang dapat mempunyai efek merusak layaknya merokok, minum, atau kurang berolahraga. Kualitas persahabatan kita bahkan terikat dengan umur yang panjang.

Tidak hanya menemani, sebuah persahabatan juga dapat meningkatkan aspek kehidupan, memberikan kenyamanan, mencegah kesepian dan menjadi penguat disaat kalian mengalami hal buruk. Sahabat atau teman dekat itu adalah saudara kedua setelah saudaramu yang lain karena ia sebenarnya termasuk dalam keluarga. Ia selalu hadir dalam keadaan apapun dan begitu setia denganmu, bukan hanya saat kamu senang tetapi disaat kamu terjatuh. Ia hadir disaat kamu membutuhkan, bersama-sama berjalan berdampingan.

Kebanyakan dari kita tahu bagaimana cara untuk menghancurkan sebuah persahabatan tetapi tidak pernah tahu bagaimana cara untuk tetap menjaganya. Hemmm, membingungkan sekali bukan? Banyak sekali manusia di dunia ini yang tidak pernah menghargai sebuhah persahabatan. Mungkin karena mereka berfikir itu tidaklah penting. Tetapi kenyataannya justru memiliki makna yang amat berarti. Nah, di artikel ini mimin mau memberitahu beberapa hal penting untuk menjaga sebuah persahabatan. Yuk, langsung cek dibawah ini.

Memiliki komunikasi yang baik

Usahakan untuk selalu jujur terhadap satu sama lain tentang perasaan Anda terhadapnya agar tidak terjadinya kesalahpahaman antara kalian. Seorang teman tidak seperti dukun yang bisa membaca pikiran kalian dengan mudahnya. Ia hanyalah manusia biasa yang tidak bisa membaca pikiran kalian mengenai dirinya. Jangan lari ke orang lain untuk memecahkan masalah yang terjadi karena akan mengakibatkan perselihan paham antara kalian atau mungkin teman akan merasa tidak dihargai. Jadi, usahakanlah untuk berbicara kepada teman mengenai apapun yang menjadi masalah. Karena teman pasti akan menghargai sesuatu jujur walaupun kejujuran itu pahit.

Menghormati privasi teman

Selalu beri kebebasan terhadap teman. Artinya, jangan terlalu kepo sama urusan pribadinya karena itu bisa membuat ia menjadi risih sehingga bisa mengakibatkan perselisihan diantara kalian. Berikanlah ia ruang untuk menyelasaikan permasalahannya. Usahakanlah untuk tidak chattingan dengannya setiap hari karena itu juga bisa menggangu kegiatan pribadinya. Dengan menghormati privasinya bakal bikin persahabatan menjadi lebih kuat.

Menjaga kesabaran

Terkadang dalam sebuah persahabatan bisa muncul perselisihan dan kesalah pahaman. Hal itu bisa saja terjadi antara Anda dengan sahabat Anda, namun kejadian tersebut jangan sampai menimbulkan pertengkaran yang berakhir dengan putusnya tali persahabatan. Bersikap sabar akan membuat Anda menjadi orang yang rendah hati dan selalu mau memaafkan kesalahan sahabat Anda. “Orang yang marah kepadamu sampai tiga kali tapi tidak pernah mengucapkan kata-kata buruk terhadapmu, maka ia layak engkau jadikan sahabat” – Imam Sadiq (as).

Menjaga keseimbangan

Supaya persahabatan kamu makin sehat, jagalah keseimbangan hubungan. Maksudnya, kamu harus bisa memperlakukan teman kamu itu seperti kamu ingin diperlakukan. Walaupun kedengarannya mudah, namun hal ini lumayan sulit dalam kenyataannya. Kuncinya adalah mencoba memahami terlebih dahulu kondisi temanmu tersebut.

Intropeksi diri

Persahabatan yang langgeng tercipta dikarenakan adanya intropeksi diri diantara satu sama lain. Maksudnya, kalian harus berani mengakui kesalahan diri sendiri dan tidak malu untuk selalu minta maaf. Seperti hubungan lainnya, jika Anda tidak cukup matang untuk menghadapi kesalahan, maka Anda juga tidak pantas berada dalam hubungan itu. Persahabatan yang tulus itu tidak terdiri dari manipulasi, agresivitas, konstan kritik, kecemburuan, niat buruk pendendam atau tindakan balas dendam, ketidakdewasaan, kecerobohan, keegoisan dan keserakahan.

Komitmen

Akan sia-sia saja apabila kamu berharap persahabatan akan bisa bertahan lama namun tidak mempunyai komitmen yang kuat. Komitmen adalah landasan dasar dalam hubungan pertemanan. Apabila kamu memiliki komitmen yang tinggi, maka kamu bisa menaklukkan berbagai macam permasalahan yang muncul dalam persahabatan.

Fleksibel

Fleksibel merupakan cara paling pamungkas agar hubungan pertemanan kamu bertahan abadi selamanya. Tanpa adanya rasa fleksibel, kamu akan kesulitan untuk menerima perubahan sifat maupun perilaku sahabat kamu sendiri. Sebaiknya, sikapi perubahan yang dilakukan atau terjadi pada sahabat dengan se-fleksibel mungkin.

Tuh, cocok banget buat kalian yang lagi dilema soal persahabatan. Mikir-mikir lagi dehh kalau mau sia-siakan seorang sahabat.