Menjalin hubungan bisa jadi merupakan hal yang kompleks bagi sebagian orang. Terlepas dari apapun tipe kepribadian yang Anda miliki. Fakta menunjukkan bahwa beberapa hal berlaku secara universal dalam menjalin suatu hubungan seperti, pertengkaran tidak pernah memberikan sesuatu yang fun. Sikap romantis lebih mudah diapresiasi. Komunikasi merupakan suatu hal yang penting. Kompromi bukanlah hal yang mudah dalam menjalin suatu hubungan.

Namun beberapa fakta di atas akan terasa lebih berat jika Anda sedang menjalin hubungan dengan orang yang cenderung sensitif. Nah berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda sedang menjalin hubungan dengan orang yang sensitif.

Tips Menjalin Hubungan dengan Orang Sensitif

Selalu menjadi pendengar yang baik

Pada umumnya mereka yang memiliki hati sensitif termasuk salah satu golongan pendengar yang sangat baik. Pasalnya mereka mudah sekali tanggap atau terhubung dengan emosi seseorang yang bercerita kepadanya. Ketika mendengarkan curahan hati seseorang biasanya ia juga akan ikut merasakan suasana hatinya, baik itu kesal, marah dan yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila orang yang berhati sensitif selalu menjadi sasaran orang-orang yang memiliki masalah untuk mencurahkan semua isi hatinya. Namun, di sisi lain saat seseorang yang berhati sensitif memiliki masalah biasanya mereka cenderung memendam semuanya dan enggan menceritakannya kepada orang-orang terdekat.

Nah, untuk itu jika anda ingin hubungan bersama pasangan anda yang memiliki hati sensitif awet dan tetap harmonis, maka sebisa mungkin andalah yang harus memiliki inisiatif terlebih dahulu untuk bertanyaketika pasangan anda terlihat memiliki masalah. Apabila pasangan anda ingin terbuka dan menceritakan semua masalahnya kepada anda, maka sudah dipastikan bahwa kehadiran anda untuknya sangat istimewa. Perlu anda ketahui mereka yang berhati sensitif sangat segan kepada mereka yang bersedia mendengarkan curahan hatinya. Kehadiran anda sebagai pendegar maka akan sangat berarti untuknya, dengan begitu tidak heran apabila pasangan anda akan semakin menyayangi anda.

Selalu memahami dan mencoba berempati

Meskipun terkesan sedikit ribet, tetapi pada dasarnya berhubungan dengan seseorang yang berhati sensitif tidaklah sesulit yang dipikirkan. Dengan memberikan rasa cinta dan memahaminya dalam setiap kondisi sudah lebih dari cukup bagi mereka. Anda mungkin tidak pernah merasakan setiap emosi yang dirasakan pasangan anda,namun dengan mencoba selalu berempati kepadanya merupakan hal yang sudah sangat berarti.

Memberikan Perhatian

Dari hasil penelitian yang dilakukan Aron, ia juga menyadari bahwa seorang HSP dapat memiliki karakter yang disebut “mate sensitivity” atau kemampuan untuk mengetahui secara cepat apa yang diinginkan oleh pasangan mereka dan bertindak sesuai dengan pemahamannya itu. Kebiasaan ini juga berlaku bagi hubungan yang bersifat persaudaraan.

“Mereka tidak hanya in tune pada apa yang baik untuk diri mereka sendiri, namun juga apa yang baik untuk orang lain” kata Aron. Dengan kata lain, hal itu turut membuat mereka bahagia ketika membuat pasangan mereka bahagia.

Jangan meminta untuk memutuskan segala sesutau

Orang yang berhati sensitif terlalu banyak berpikir. Mereka akan sulit dalam memutuskan segala sesuatu meskipun hal yang spele sekalipun. Berpikir dengan secara detail merupakan bagian yang tidak bisa terlepaskan dari hidup mereka. Oleh sebab itu, tidak heran apabila dalam memutuskan segala sesuatu mereka selalu membutuhkan waktu yang panjang.

Anda mungkin akan memiliki anggapan bahwa pasangan yang seperti ini merupakan pasangan yang ribet. Namun, perlu anda ingat belum tentu ketika pasangan anda berpikir dalam waktu yang panjang ia memikirkan segala sesuatu yang tidak perlu. Mereka hanya berpikir lebih detail daripada orang biasanya. Anda harus memakluminya, kepekaan yang tinggi dari pasangan anda akan membuat ia mampu memikirkan segala sesuatu yang mungkin tidak terbayangkan oleh orang-orang. Oleh sebab itu, janganlahh pernah anda memaksakan segala sesuatunya dengan terburu-buru kepada pasangan anda yang berhati sensitif. Jika anda tetap memaksakannya justru hal tersebut akan membuat pasangan anda menjadi geram.

Berjuang Melawan Konflik

Bertengkar dengan seseorang yang kita sayangi merupakan hal yang tidak mengenakkan bagi semua pihak, namun bagi seorang HSP, konflik secara khusus merupakan hal yang sangat tidak nyaman. Itu karena mereka memiliki debat internal dalam diri mereka selama proses itu terjadi. “Orang yang sensitif pikirannya akan terbelah antara apakah dirinya akan berbicara tentang apa yang ia rasakan benar atau duduk terdiam karena ia tidak ingin munculnya konflik atau kekerasan dengan orang lain” kata Aaron.

Seorang HSP merespons lebih produktif terhadap suatu hal yang positif ketimbang suatu hal yang negatif, kata Aaron. Itu berarti kemungkinan kita mencapai solusi lebih besar dengan cara interaksi yang lebih suportif ketimbang dengan interaksi yang agresif.

Harus memahami jika pasangan enggan diganggu

Salah satu ciri orang yang berhati sensitif yaitu ia tidak nyaman apabila berada dalam waktu yang lama di keramaian. Biasanya orang yang berhati sensitif setelah menghadiri acara yang melibatkan banyak orang akan didera oleh rasa lelah yang berlebih. Oleh sebab itu, tidak heran apabila setelah menghadiri acara seperti itu mereka justru membutuhkan waktu sendiri dan tidak ingin diganggu oleh siapapun termasuk kekasihnya. Oleh sebab itu, membiarkan pasangan anda sendiri dan memberikannya waktu merupakan solusi yang bijak. Pasalnya jika anda memaksakan kehendak anda sendiri maka sudah bisa dipastikan ia tidak akan menerimanya, dan pada akhirnya akan berujung pada pertengkaran.

Dengan memberikan pasangan anda ruang untuk bisa menenangkan diri maka itu merupakan tanda bahwa anda telah memberinya kesempatan agar bisa menstabilkan tingkat emosinya. Bagi mereka yang berhati sensitif menyendiri adalah cara ampuh untuk mengembalikan suasana hati agar bisa kembali pada kondisi semula.

Itulah beberapa trik berhubungan dengan orang berhati sensitif. Apapun sifat pasangan anda, jika anda benar-benar mencintainya maka sebisa mungkin anda harus bisa menerima semua sifatnya baik itu sifat buruk maupun sifat baiknya. Ingatlah saling mengerti dan memahami satu sama lain merupakan salah satu kunci kesuksesan hubungan asmara anda.