Buat kalian yang memiliki pasangan pasti kalian sering sharing dengan pasangan kalian soal mantan. Nggak disangka-sangka nanti topik pembicaraan kalian pasti bisa menjuru ke masa lalu. Misalnya pacar kalian nanya soal, sudah berapa kali kamu pacaran? Pertama kali pacaran sama siapa? Pasti akan ada pertanyaan semacam itu.

Walau terkesan kekanakan, namun pertanyaan seperti itu ternyata sering dilontarkan dalam hubungan orang dewasa lho guys. Tapi pertanyaan seperti itu cukup sekali aja ditanya didalam hubungan kalian atau tidak perlu terlalu sering ngomongin masalah mantan. Nah, jika pasangan kalian sering ngomongin soal mantan, itu wajib di curigai, jangan-jangan dia belum bisa ngelupain masa lalunya alias nggak bisa move on!

Memang sih ngelupain itu jauh lebih sulit dari pada mengingat, tapi guys jika kalian sudah yakin untuk menjalin hubungan baru dengan orang yang baru, maka kalian juga harus siap untuk melupakan mantan kalian. Sebab jika masih membawa kenangan sang mantan di dalam hubungan kalian itu juga nggak bagus lho!

Jika seseorang yang terus membicarakan mantannya kemungkinan memiliki masalah pribadi yang belum selesai secara tuntas dengan mantannya. Jika kita merasa insecure saat pasangan selalu membicarakan masa lalunya, itu dianggap normal oleh terapis asal D.C. ini.

Tapi nggak bisa semua curhatan pasangan kita soal mantan itu pertanda buruk ya guys! Pasalnya banyak yang curhat tentang masa lalu bersama mantannya, ada yang hanya sekedar ingin memberitahu saja bahwa ia pernah mengalami hal yang tidak buruk bersama kekasih terdahulu. Namun jika ia menceritakannya dengan bahasa kasar dan menghina, itu tandanya ia punya banyak masalah dengan mantannya.

Nah, jika pacar kamu selalu menceritakan mantannya dan bahkan masih menghubunginya, fix jika dia belum bisa move on. Tapi jangan khawatir guys! Memang benar melupakan itu sulit, bisa jadi hubungannya terdahulu sudah menuju jenjang yang serius dan membuatnya menjadi sulit melupakan. Sebagai kekasih yang baik, kamu jangan menambahkan bebannya dengan tuduhan yang memberatkan dia. Tapi bantulah ia untuk bangkit dari masa lalunya. Berikut hal yang harus kamu lakukan:

Ungkapkan perasaanmu


Jika hubungan kamu dengannya selalu dibumbui dengan cerita-cerita mantannya ataupun kamu melihat gerak-gerik pacarmu yang belum bisa move on dari mantannya, cobalah untuk kamu ungkapkan perasaan kamu, misalnya mengatakan kalau kamu sangat mencintainya dan takut akan kehilangan dirinya dan mengungkapkan bahwa kamu cemburu denga perilakunya yang selalu mengingat-ingat masa lalu bersama mantannya. Semua itu kamu lakukan untuk membuatnya sadar bahwa kamulah yang benar mencintainya saat ini. Untuk mengungkapkan perasaan seperti itu kamu nggak perlu malu ataupun gengsi.

Buat suasana yang menyenangkan

Buat dia selalu bahagia denganmu sehingga ia tak punya waktu untuk mengingat masa lalunya bersama mantannya. Dalam menjalin hubungan, hal ini memang sangat penting. Pasalnya membahagiakan pasangan adalah hal yang memang harus kita lakukan. Kamu bisa melakukan hal-hal yang ia sukai. Sekalipun kamu merasa cemburu tetapi dalam kondisi tersebut kamu harus bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh mantannya. Buat dia untuk memiliki alasan lebih mencintaimu.

Bicara serius

Ada kesalahan lainnya yang mungkin lebih besar dan fatal daripada membicarakan mantan kekasihnya? Kamu perlu mengajaknya bicara serius. Tanyakan apa maksudnya melakukan itu semua. Tanyakan bagaimana perasaan si dia terhadap mantannya dan kepada dirimu?

Ancam dia

Jika segala upaya sudah kamu lakukan agar membuat dirinya melupakan bayang-bayang mantan, namun ia masih mengingat dan bahkan belum bisa move on sepenuhnya, makan dengan memberikan satu ancaman mungkin bisa membuatnya sadar bahwa ia tak perlu mengingat mantannya. Coba berikan ancaman kamu akan meninggalkannya jika ia masih terus mengulangi kesalahannya tersebut. Ingatkan dia bagaimana perasaanmu dan mengenai statusmu saat ini.

 

Tinggalkan

Jika beribu cara masih belum mempan untuk membuatnya melupakan mantannya, bahkan diancam sekalipun ia masih saja melakukan hal yang sama. Maka lakukan hal yang sudah semestinya dilakukan. Jika ia terus-terusan mengingat dan bahkan masih berhubungan dengan mantannya, maka sebagai manusia yang memiliki akal sehat, kalian sudah tau apa yang harus kalian lakukan.

Tidak perlu mempertahankan hubungan dengan orang yang belum sanggup bangkit dari masa lalu. Kau bisa meninggalkannya jika ancaman tak cukup untuknya, karena jika sudah begini sebaiknya kalian menjalani hubungan masing-masing saja. So itu juga membuat tidak ada yang tersakiti. Kamu tak harus selalu cemburu, dan pacarmu tak perlu harus menyembunyikan perasaannya yang masih ada dengan mantannya.

Nah guys ada baiknya jika kalian sebelum menjalin hubungan dengan seseorang, kalian harus mengetahuinya lebih dalam. Jika ia adalah seseorang yang masih berkutad dengan masa lalu, maka sebaiknya kamu jangan memilih dia untuk menjadi pasangan. Sebab jika sudah terjebak oleh orang yang belum bisa move on, maka itu akan membuatmu sakit hati sendiri. Bayangin aja deh, misalnya kalian sedang jalan bareng tapi hati dan jiwanya melayang entah kemana alias kamu cuma punya raganya tidak hatinya, ehh kok kayak lagu ya? Hahaha.`