Siapa yang lagi LDR-an hayo tunjuk tangan! Saya salah satunya, hehehe. Dan siapa bilang LDR an itu gak bisa bahagia? Hmmm harus dibuang jauh-jauh deh pikiran itu. Mau hubungan tetap harmonis walaupun sedang LDR an? Yuk mari kita simak sama-sama artikel ini.

LDR (Long Distance Relationship) alias hubungan jarak jauh memang gak mudah dilakukan oleh semua orang. Terlebih jika sebuah pasangan gak terbiasa untuk melakukannya. Kamu akan dipisahkan oleh jarak dengan pasanganmu dan pastinya kamu juga harus tahan dengan berbagai resiko yang ada.

Akan ada banyak omongan negatif dari teman atau keluarga untuk tidak meneruskan hubungan jarak jauh. Pengaruh orang lain bisa masuk ke pikiran kamu dan merusak hubungan, jika kamu tak tutup kuping. Pasangan LDR akan menghargai setiap komunikasi dan lebih dekat secara hati dibanding pasangan yang sering bersama dan mereka lebih memaknai cinta dan masa depan secara mendalam. Inilah keuntungan yang kamu dapat ketika sedang LDR:

1. Kencanmu Unik Dan Berbeda Dengan Pasangan Yang Lain

Pasangan yang LDR-an itu unik lho. Kalau pasangan yang lain nonton ke bioskop, kalian nonton lewat laptop masing-masing. Kalau pasangan yang lain bingung mau makan dimana, kalian masak sendiri dan “makan bareng” lewat Skype. Kalian juga bisa kencan lewat WhatsApp dan saling tukar-tukaran foto konyol. Kalian pun bisa jalan-jalan ke tempat yang berbeda melalui video yang dikirim pasangan masing-masing.

2. Lebih Banyak Waktu Bersama Teman

Jauh dari pacar? Gak perlu sedih, kamu masih punya sahabat-sahabat yang menemani hari-harimu. Kamu bisa main futsal lama, bisa jalan-jalan ke mall sama teman dan kamu benar-benar menikmati aktivitasmu bersama teman-temanmu. Kalau pasangan normal biasanya harus ketemuan setiap hari dan bahkan tidak jarang waktu nongkrong sama teman jadi berkurang karena pacaran. Hal itu tidak terjadi dengan kamu yang LDR-an.

3. Kalian Bisa Menjadi Lebih Mandiri Dan Sabar

Pasangan yang LDR-an mempunyai kepribadian yang mandiri. Kalian bisa berhubungan tanpa harus saling bergantung antara yang satu dengan yang lain. Kalian menjadi pribadi yang lebih dewasa dan independen. Kamu tidak keberatan untuk jalan-jalan ke toko buku sendiri tanpa pacar. Cewek-cewek lain sibuk gandengan sama pacar, kamu sibuk gandengan sama buku. Buat kalian itu hal yang biasa karena kamu percaya akan ada saatnya gandengan sama pacar itu tiba. Kalian pun menjadi pribadi yang sabar banget. Kalian bersabar menunggu waktu yang pas supaya bisa bertemu.

4. Waktu Akan Sangat Berharga

Waktu menjadi sangat berharga buat kalian. Kalian hanya bisa bertemu beberapa kali, bisa 6 bulan sekali, sebulan sekali atau bisa satu tahun sekali. Sekalinya bertemu, kalian akan sangat memanfaatkan waktu yang ada. Kalian menghabiskan waktu bersama. Kegiatan-kegiatan kecil seperti pergi ke pasar pun bisa menjadi hal yang menyenangkan buat kalian.

5. Akan Mempunyai Bahan Obrolan Yang Banyak

Saat berjauhan pasti kamu dan pacar punya banyak cerita yang pengen diceritain. Lewat WhatsApp, si pacar memberitahu tentang pertandingan bola yang baru saja dilaluinya. Kamu pasti ikutan bersemangat walau kamu tidak menonton secara langsung dan obrolan kalian pun pasti berkembang, gak cuma terhenti dipertandingan bola saja. Saat kalian bertemu pun, obrolan kalian pasti akan banyak banget. Karena sudah lama gak ketemu, pasti kalian menyimpan cerita-cerita menarik. Kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngobrol berdua. Pastinya lebih sweet deh 🙂

6. Surprise Gifts

Bayangkan tiba-tiba ada kiriman hadiah di minggu pagi, sebuah kotak kado besar berisikan barang kesukaanmu atau sebuket bunga yang diantar oleh kurir. Siapa coba yang gak suka hadiah? Siapa pun pasti akan terenyuh hatinya ketika diberikan hadiah yang dia inginkan secara tidak diduga. Kalian terpisahkan oleh jarak bukan berarti tidak bisa saling memberi hadiah satu sama lain dan gak perlu sesering mungkin, hadiahkan sesuatu yang disukainya dihari-hari spesial atau hanya sekedar mengirimkan kartu pos unik yang bertuliskan betapa kamu merindukan pasangan kamu juga bisa jadi pilihan bijak. Jasa pengiriman hadiah sudah ratusan jumlahnya, kamu bisa pesan via online dengan mudah. Jadi, gak ada lagi halangan bagi kamu untuk gak kasih surprise ke pasangan kamu yang jauh, kejutan berupa hadiah ini secara alamiah bisa mendekatkan hati kalian.

7. Kalian Akan Sangat Bersemangat Kalau Udah Mau Ketemuan

Pacarmu akhirnya pulang dan mengunjungimu. Pasti kamu jadi sangat bersemangat mempersiapkan kedatangannya. Kamu pasti langsung mempercantik diri biar si pacar seneng. Kalian pasti juga menyiapkan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan masing-masing. Kalian juga pasti sudah merencanakan segala kegiatan yang akan dilakukan. Membayangkannya saja udah membuat kalian senyum-senyum sendiri, apalagi kalau sudah ketemu pasti lebih seru lagi.

8. Komitmen Yang Kuat Untuk Selalu Bersama

Pasangan yang berteman dengan jarak pasti punya komitmen yang kuat. Kalian sudah tahu konsekuensi dan susahnya gimana menjalani hubungan yang terpisah secara fisik. Tapi karena kalian punya komitmen yang kuat, kalian berani untuk menjalani suatu hubungan yang benar-benar penuh perjuangan.

9. Dan Kalian Percaya Bahwa Perjuangan Ini Gak Akan Berakhir Sia-Sia

Perjuangan kalian tidak gampang. Komitmen untuk selalu bersama walau raga terpisah membuat kalian menjadi pribadi yang dewasa. Kalian saling percaya bahwa hubungan kalian tidak akan berakhir dengan sia-sia. Bagi kalian, suatu hubungan bukan hanya sekedar bentuk fisik tapi lebih dari itu. Komunikasi, komitmen dan kepercayaan menjadi kunci buat kamu dan pasanganmu untuk terus tetap bersama. Kalian percaya bahwa satu hari nanti akan ada saatnya untuk bersama tanpa ada jarak.

Hubungan jarak jauh itu memang berat. Ketika kamu memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh, kalian berdua harus saling percaya. Jarak tak selalu harus menjadi alasan untuk berpisah karena yang terpenting adalah komitmen kalian untuk saling menjaga. Jangan pernah bersedih dan kehilangan semangat ya ketika sedang LDR.