Hay girl’s, apa ada diantara kalian yang menjalin hubungan jarak jauh? Jika memang iya, hubungan jarak jauh ini rasanya terasa hampa kan? Biasanya kita itu sering ragu apakah hubungan ini akan berakhir apa enggak? Ya, kalau di pikir-pikir sih hubungan ini tidak akan berakhir begitu saja, kalau bisa hubungan ini akan sampai ke pelaminan. Apalagi kalau pasangan yang sudah menjalani LDR begitu lama gak papa kok asalkan diantara keduanya itu sama-sama menjalani hubungan yang serius kenapa tidak?

Meskipun keraguan itu sering muncul dalam hubungan, tapi banyak juga kok pasangan LDR yang berhasil di pelaminan. Jadi bagi kalian yang menjalani hubungan jarak jauh jangan khawatir ya karena hubungan ini akan baik-baik saja. Asalkan yang diatas memberikan kita yang terbaik. Jadi buat kamu yang sekarang mengalaminya nggak perlu khawatir, berikut tips yang bisa kamu terapkan dalam menjalani hubungan jarak jauh dengan pasanganmu.

Tips Langgeng Menjalani LDR

Tips cara pacaran awet jarak jauh sampai menikah dapat kamu terapkan dengan mudah. Dari konflik-konflik di atas, banyak hal-hal yang dapat mencegah kerusakan hubungan kamu dan pasangan kamu. Berikut kami akan memberikan tips agar hubungan Anda bisa langgeng.

1. Menjalin Komunikasi Dengan Baik

Meskipun masing-masing dari kalian disibukkan dengan segala aktivitas sehari-hari baik kerja ataupun kuliah, komunikasi tetap harus dilakukan lho. Saling memberi kabar atau bertukar cerita melalui telepon atau video call merupakan salah satu hal yang dapat membuat pasangan merasa spesial. Sehingga tidak ada kecurigaan diantara kalian, tetapi tetap saling menghargai waktu satu sama lain ya dalam berkomunikasi. Gunakan waktu luang seperti makan siang, atau di sela-sela waktu senggang yang kalian miliki walaupun hanya berkabar melalui chat.

2. Saling Percaya Satu Sama Lain

Kepercayaan memang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap pasangan yang menjalin hubungan dengan serius. Nah, buat kamu yang masih ragu karena hubungan kalian memiliki jarak yang tidak dekat, kekhawatiran itu memang selalu ada dalam pikiran. Alangkah baiknya apabila kalian selalu memiliki pikiran yang positif kepada pasangan, jika terjadi masalah jangan ragu untuk menanyakan langsung sama pasangan kamu ya. Jangan mencoba untuk mengambil kesimpulan sendiri, nanti malah berakhir dengan kesalahpahaman yang berujung pertengkaran.

3. Memiliki Tujuan yang Pasti

Untuk menghindari keraguan pasangan LDR dalam menjalani hubungan terutama bagi kamu yang sudah cukup umur, maka kalian harus memiliki tujuan akan dibawa kemana hubungan ini. Berkomunikasilah dengan pasangan, dan tentukan tujuan kalian menjalin hubungan ke arah yang lebih serius, sehingga dapat memotivasi diri sendiri untuk tetap yakin tetap menjalani hubungan walau memiliki jarak. Yah, meskipun tidak langsung dipastikan tetapi kalian sudah memiliki niatan untuk ke jenjang yang lebih serius.

4. Meminimalisir Pertengkaran

Biasanya sih cewek ya yang lebih memperdebatkan hal-hal kecil, eits tetapi cowok juga ada lho yang kayak gitu. Karena hubungan jarak jauh ini kadang bikin kita berpikiran yang macam-macam, ataupun masalah yang sepele tetapi dibuat perdebatan. Nah, ada baiknya kalau setiap masalah sekecil apapun itu selalu dibicarakan dengan baik-baik bersama pasangan, ya. Karena yang namanya pertengkaran dalam hubungan itu tidak baik apabila dibiarkan terus menerus. Kita juga harus menghindari melakukan hal-hal yang tidak baik di belakang pasangan kita.

5. Sabar Dalam Menjalani Hubungan

Hubungan jarak jauh memang tidaklah mudah, karena adanya perbedaan waktu, tempat, dan kesibukan masing-masing. Kita tidak bisa selalu ada ketika pasangan sedang membutuhkan. Walaupun berat, kita dituntut untuk lebih bersabar, jangan mudah kesal apabila pasangan kita tidak dapat mengangkat telepon atau lama membalas chat. Hal tersebut kadang memicu emosi kita yang akan berdampak pada perdebatan. Meskipun sulit kita tetap perlu mengerti keadaan dan kondisi pasangan kita disana. Yah selain untuk melatih kesabaran kita juga dapat melatih kepercayaan kepada pasangan.

6. Rencanakan Untuk Pertemuan

Luangkan beberapa hari untuk bertemu dengan pasangan, biasanya pasangan LDR memanfaatkan libur panjang atau tanggal merah untuk mengunjungi kekasihnya. Nah, bicarakan kepada pasangan mengenai tanggal yang tepat untuk bertemu, sehingga kalian tidak bentrok dengan pekerjaan ataupun kegiatan. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika sedang bersama pasangan, karena ini merupakan hal yang sangat dinantikan oleh mereka yang menjalin LDR.

Sesibuk apapun kamu dan pasangan, sempatkanlah bertemu minimal seminggu sekali. Saat bertemu buatlah waktu yang berkulualitas. Pertemuan sangat penting untuk membuat hubungan semakin dekat dan kuat. Lalu, bagaimana bila menjalani long distance relationship (LDR)? Setidaknya berkabarlah setiap hari dan rencanakan pertemuan setiap beberapa bulan sekali.

7. Menerima Kekurangannya

Semua orang memiliki kekurangan, baik kamu maupun pasangan. Dalam suatu hubungan, kita tidak boleh memiliki perasaan egois. Apabila pasangan kamu bisa menerima semua kekurangan kamu, mengapa kamu tidak mau menerima kekurangannya? Lagipula, seperti yang telah disebutkan dalam poin paling pertama, kamu memang sudah seharusnya mempertimbangkan dengan baik ketika hendak memulai suatu hubungan. Jangan pernah berjanji jika kamu tidak bisa menepatinya.

Jadi buat kalian yang akan menjalin hubungan jarak jauh tidak usah ragu, karena kekompakan kalian dalam menjalin hubungan juga sangat berpengaruh, lho! Semangat ya bagi para pejuang LDR di luar sana!