Setiap individu memiliki keunikan tersendiri dalam berkomunikasi karena komunikasi merupakan proses yang rumit meskipun pesan yang ingin disampaikan sederhana dan secara langsung. Meskipun kemajuan teknologi informasi menjadikan seseorang dapat melakukan komunikasi secara tidak langsung tetapi berbicara dengan tatap muka masih menjadi bentuk komunikasi yang dominan dalam kehidupan manusia.

Komunikasi adalah penyampaian pesan yang dapat berupa ungkapan-ungkapan seperti mmeberi informasi atau pengetahuan, memberi gagasan atau bertukar fikiran, atau yang sejenisnya dengan tulisan atau ucapan. Komunikasi merupakan unsur penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Sejak lahir manusia sudah dianugerahi kemampuan berkomunikasi. Namun demikian, dalam perkembangannya kemampuan berkomunikasi manusia akan berbeda satu sama lain.

Pentingnya Etika Dalam Berkomunikasi

Etika dalam berkomunikasi dapat dilihat dari seseorang berkomunikasi. Kita tentu akan lebih menghargai orang yang berbicara dengan sopan dari pada orang yang berbicara dengan kasar atau tidak sopan. Seorang komunikan akan ragu untuk terbuka dengan orang yang memiliki kredibilitas yang rendah dan penyampaian pesan yang tidak valid juga akan menyulitkan seorang komunikan dalam menangkap pesan. Maka dari itu kita perlu mengetahui etika apa saja yang perlu kita penuhi sebelum berkomunikasi. Ada beberapa hal pokok yang perlu dilakukan dan perlu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti di bawah ini.

1. Fokus pada lawan bicara

Fokus dalam berkomunikasi merupakan kunci agar informasi yang disampaikan komunikator berjalan lebih efektif. Biasanya orang cenderung tidak memperhatikan lawan bicaranya dan sering kehilangan beberapa potong informasi yang disampaikan sehingga terjadi kesenjangan antara kedua belah pihak.

2. Fokus pada masalah

Dalam beberapa kasus komunikasi beberapa individu melupakan pokok permasalah yang ingin dibicarakan. Hal ini terjadi karena informasi yang seharusnya disampaikan terlalu melenceng dari yang dibicarakan (basa-basi). Maka dari itu perlu adanya penyusunan konsep sebelum berbicara dengan orang lain. Komunikasi ini biasanya disebut dengan komunikasi yang tidak efisien karena informasi yang dimiliki tidak sesuai dengan apa yang dibicarakan komunikator. Maka dari itu sebaiknya tidak mencampur adukkan masalah lain yang tidak memilik kaitan dengan informasi tersebut.

3. Jangan menimpali pembicaraan.

Komunikan yang baik adalah komunikan yang mau mendengarkan dengan bijaksana perkataan dari komunikator dan menghargai apa yang dikatakannya serta tidak menimpali atau menyela perkataannya sebelum selesai.

4. Saling menghargai

Biasanya dalam proses ini dua individu (komunikan dan komunikator) perlu saling memahami satu sama lain. Kita harus tetap menjaga etika dengan menghargai tiap ucapan orang dengan menyimak dan mendengarkan apa yang dikatakannya. dengan demikian rasa penghargaan akan timbul pula pada orang kita hargai tersebut.

5. Selingi dengan Humor

Biasanya kita sering merasa bosan dalam berkomunikasi karena informasi yang disampaikan terasa bosan. Maka dari itu perlu diselingi dengan candaan atau gurauan agar pendengar atau komunikan tidak merasa bosan dengan apa yang kita sampaikan.

Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Dalam Berkomunikasi

Dalam berkomunikasi dengan orang lain ada etika tersendiri yang harus kita pegang dan ada juga hal-hal yang harus kita hindari agar mereka tidak tersinggung atau pun salah paham dengan maksud dan tujuan kita. Inilah hal-hal yang harus kita hindari seperti di bawah ini.

1. Penggunaan kalimat tidak baku

Dalam berkomunkasi kita perlu menggunakan kalimat kalimat baku atau formal agar orang lain merasa dihargai.

2. Berbicara sambil melakukan hal lain

Sopan santun sangat perlu diterapkan dalam berkomunikasi karena orang tentu akan merasa tersinggung saat jika kita dengan sibuk makan saat berbicara dengan lawan bicara kita.

3. Terlalu banyak basa-basi

Ada beberapa orang yang cenderung lebih menyukai penyampaian langsung sebuah informasi dan ada juga beberapa orang yang suka basa-basi dalam berkomunikasi. Tetapi sebaiknya hindari basa-basi dalam melakukan komunikasi.

4. Berbicara dengan nada kasar

Berbicara dengan nada kasar dalam berkomunikasi adalah salah satu cara yang salah. Hindari berbicara dengan nada yang tinggi karena orang tidak akan suka jika dibentak.

5. Nada memerintah

Dalam hal ini orang cenderung tidak sadar menggunakan kalimat-kalimat memerintah yang seharusnya di hindari karena biasanya menggunakan kalimat perintah akan menyinggung lawan bicara.

6. Tidak boleh menghakimi

Dalam komunikasi kita tidak boleh mengajukan kalimat yang menghakimi seperti “bapak pasti korupsi!” atau “tentu bapak telah melakukan hal yang keji..” dan sebagainya

7. Mengontrol nada suara

Saat berkomunikasi saat penting untuk mengontrol nada suara dan tidak boleh terlalu tinggi atau terkesan membentak serta tidak boleh juga terlalu rendah. Mengontrtol nada suara perlu dilakukan agar nyamn didengar.