Terlalu banyak orang belajar cara-cara tidak sehat dalam hubungan seperti keluarga, teman dan sumber lainnya. Yang lebih parah lagi adalah sering bahkan mereka tidak menyadari perilaku dalam hubungan yang dapat memicu pasangan mereka pergi.

Sudahkah Anda mempelajari cara-cara yang tidak sehat dalam hubungan? Apakah Anda pernah membuat kesalahan besar yang bisa membuat pasangan Anda pergi? Pada artikel ini akan dibahas cara untuk mengetahui lima kesalahan paling umum yang pernah terjadi dari hari ke hari. Dan jika ada salah satu dari kesalahan dibawah ini yang pernah dilakukan, segeralah perbaiki hal tersebut untuk menghindari perpisahan masa depan dengan seseorang yang Anda cintai.

1. Menempatkan kebahagiaan di tangan pasangan

Bila Anda marah, apakah Anda menangani situasi itu sendiri atau apakah mengharapkan pasangan untuk membuat merasa lebih baik, memperbaiki sesuatu dan membantu Anda merasa bahagia lagi? Apakah Anda marah jika pasangan Anda tidak mengatakan atau melakukan hal yang benar saat Anda merasa tidak bahagia? Jika ya untuk keduanya, maka Anda memberi banyak tekanan pada pasangan Anda. Begitu banyak tekanan, sebenarnya dapat memicu hal yang memungkinan Anda akan membuat mereka pergi atau menjauhi Anda.

Penting untuk diingat bahwa kita semua bertanggung jawab atas emosi kita sendiri. Kita adalah satu-satunya orang yang bisa membuat diri kita tidak mood atau melihat hal-hal dengan cara baru dan lebih positif. Orang lain tidak bisa melakukan itu untuk kita. Jadi ketika kita mengharapkan mereka untuk mencoba, kita membuat mereka gagal. Sebagian besar waktu mereka tidak akan mengatakan apa yang ingin kita dengar atau melakukan apa yang ingin mereka lakukan dan kita menghukum mereka dengan sikap atau kemarahan kita karena itu. Itu sama sekali tidak adil bagi mereka.

Mereka tidak bisa menangani emosi dan emosi mereka. Memaksa mereka agar selalu fokus untuk membuat Anda merasa lebih baik. Hal ini merupakan sesuatu yang negatif dalam hubungan, karena ini dapat memicu hal yang membuat mereka berfikir bahwa nereka tidak dapat membuat Anda merasa lebih baik. Apalagi pasangan Anda tidak menginginkan seseorang yang bergantung pada mereka untuk bahagia. Mereka menginginkan seseorang yang secara alami bahagia dan memiliki semangat untuk hidup yang mengilhami mereka dan membuat mereka merasa senang berada bersama Anda.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ini?

Sadarilah bahwa Anda bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. Orang lain dapat membantu Anda melihat berbagai hal secara berbeda, tapi Andalah yang akhirnya memilih untuk mengubah persepsi tersebut, mengangkat diri dan mulai merasa nyaman dengan diri sendiri dan kehidupan Anda lagi.

Bila Anda mengaku bertanggung jawab penuh atas kebahagiaan diri sendiri, ini bisa membuat Anda merasa lebih baik. Anda bisa mulai menemukan cara untuk mengatasi masalah, menghadapi masalah yang sedang terjadi dan melihat berbagai hal dengan cara yang lebih positif.

2. Mengharapkan pasangan sama seperti Anda

Ini adalah kesalahan hubungan yang sangat umum. Dan itu adalah salah satu kesalahan yang bisa membuat pasangan Anda pergi selamanya. Kebanyakan orang menikmati perbedaan itu untuk sementara waktu saja, seiring berjalannya waktu mereka ingin pasangannya seperti mereka dan meninggalkan sifat menjadi diri sendiri. Di sinilah masalah hubungan masuk.

Seiring dengan keinginan Anda yang menginginkan mereka tumbuh seperti Anda, hal yang tidak diinginkanpun mulai terlihat seperti mengkritik mereka atas cara mereka melakukan sesuatu. Mengatakan bahwa mereka salah dan Anda benar. Anda mengatakan kepada mereka bahwa mereka berpakaian salah, makan salah, salah berbicara, bertindak salah dan bahkan percayapun salah.

Singkatnya, Anda memegang sebuah tanda besar yang mengatakan ‘sebenarnya Anda tidak cukup baik untuk saya!’ Siapa yang ingin hidup dalam hubungan dimana Anda tidak cukup baik untuk pasangan Anda? Tak seorangpun menginginkan hal tersebut.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ini?

Anda perlu memahami hal penting yang satu ini, tidak ada dua orang di dunia ini yang sama. Sebenarnya, tak seorang pun dalam sejarah atau masa depan akan persis seperti Anda. Dan tak seorang pun dalam sejarah atau masa depan akan persis seperti pasangan Anda.

Setiap orang memiliki cara yang sedikit berbeda untuk bergerak melalui dunia dan juga memiliki cara berpikir yang berbeda, itulah yang membuat mereka menjadi bagian penting dunia ini. Cara unik mereka dalam melakukan sesuatu dapat mengajar orang lain dan membantu orang lain dengan cara tertentu (termasuk Anda). Cara unik mereka dalam melakukan sesuatu dapat menguntungkan dunia ini dengan cara tertentu. Bila Anda mengerti itu, Anda akan mulai menghargai cara mereka dan berhenti mencoba mengubahnya.

Ini tidak berarti harus membiarkan pasangan Anda memilih jalan yang akan mempengaruhi kebahagiaan Anda secara negatif. Biarkan pasangan Anda menjadi diri mereka dan hargai perbedaan tersebut. Jangan katakan bahwa mereka harus benar-benar mengubah siapa diri mereka agar menjadi cukup baik untuk Anda.

Dan bila Anda perlu, lakukan kompromi untuk membantu Anda merasa lebih baik tentang perbedaan besar yang dimiliki. Misalnya, jika pasangan Anda suka menghambur-hamburkan uang ketika mereka mendapatkannya dan Anda ingin menghemat, maka Anda tidak perlu membiarkan mereka menjadi diri mereka sendiri, karena hal ini akan membuat keadaan finansial menjadi sulit.

3. Membawa masa lalu ke dalam hubungan yang baru

Apakah hubungan dimasa lalu mempengaruhi cara Anda menangani hubungan saat ini? Apakah Anda memiliki kebencian terhadap perasaan masa lalu yang tidak terselesaikan, masalah kehidupan yang belum ditangani atau pengalaman negatif yang tidak dapat Anda lepaskan? Jika iya, maka Anda memiliki celah dan itu akan mempengaruhi cara Anda menangani hubungan dan pasangan Anda.

Sebuah kesalahan dimasa lalu akan mempengaruhi aspek inti hubungan Anda, seperti kepercayaan, keintiman, komunikasi dan kebiasaan hubungan. Anda akan memberi label yang tidak adil terhadap pasangan. Ini akan membuat Anda memperlakukan pasangan secara tidak adil. Dan, akhirnya, mereka tidak ingin menjalin hubungan dengan Anda hanya karena pengalaman dan mitra masa lalu. Mereka tidak ingin disalahkan atas hal-hal yang tidak mereka lakukan hanya karena Anda belum bisa mengatasi rasa sakit atau kemarahan dari masa lalu Anda.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ini?

Anda perlu meluruskan semua masalah yang pernah terjadi pada masa lalu dan semua pengalaman yang pernah tertahankan perlu dilepaskan. Misalnya, jika seseorang menipu Anda, yang dilakukan adalah harus menerima hal itu terjadi. Seringkali kita mencoba berpura-pura bahwa hal itu tidak benar-benar terjadi pada kita atau mencoba menghentikannya terjadi (yang tidak mungkin). Maka Anda perlu mencari tahu mengapa hal itu terjadi. Apakah mantan Anda tidak siap untuk suatu hubungan?

Apakah Anda tidak memiliki hubungan yang sehat dengan mereka? Apakah mereka tidak memiliki belas kasihan atau etika untuk tetap setia kepada Anda? Dan begitu Anda mengetahui jawabannya, ikuti kata hati Anda dan teruskan. Hal ini akan membuat Anda lebih segar dan terbuka dan Anda akan bisa menerima bahwa pasangan baru itu berbeda, hunbungan dengan merekapun berbeda. Anda memiliki kesempatan untuk bergerak maju dan menciptakan hubungan yang lebih bahagia dengan mengetahui apa yang Anda ketahui sekarang.

4. Tidak jujur dalam hubungan

Bila Anda berbohong, biarpun itu adalah kebohongan kecil, hal ini menciptakan gelombang ketidakpercayaan dalam hubungan. Semakin banyak gelombang yang Anda ciptakan, semakin sulit mempertahankan hubungan tetap terjaga. Akhirnya, jika Anda menciptakan cukup banyak ombak, hubungan tersebut akan berakhir dan pasangan akan meninggalkan Anda untuk menemukan hubungan yang lebih kuat.

Selain itu, bila tidak membiarkan pasangan Anda jujur, mereka akan merasa tidak terhubung dengan Anda. Mereka akan merasa tidak bisa jujur ​​dengan Anda. Mereka akan berfikir bahwa Anda tidak peduli terhadap mereka, tidak peduli bagaimana perasaan mereka, apa yang mereka lakukan atau apa yang mereka inginkan.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ini?

Jadikan kejujuran jalan hidup dalam hubungan Anda. Biarkan pasangan Anda melihat ketidaksempurnaan Anda. Bagikan ketakutan, kesalahan dan kekhawatiran dengan pasangan Anda. Jangan menyembunyikan apapun dari pasangan. Hal ini mudah dilakukan begitu Anda mulai melakukannya. Dan akan mendapati bahwa pasangan akan menerima untuk siapa Anda dan lebih memahami Anda karena benar-benar jujur ​​dengan mereka.

Dan, biarkan pasangan jujur ​​dengan Anda. Jangan membuat mereka merasa tidak enak karena jujur ​​kepada Anda. Jangan mencoba untuk memberitahu mereka bagaimana perasaan mereka atau apa yang sebenarnya terjadi. Biarkan mereka menjelaskan hal-hal seperti yang mereka lihat dan tunjukkan penghargaan karena bersikap jujur ​​kepada Anda.

Misalnya, jika pasangan mengatakan bahwa Anda menyakiti mereka, jangan katakan kepada mereka bahwa Anda tidak menyakiti mereka atau bahwa mereka bodoh karena merasa seperti itu. Menghargai kejujuran mereka, memahami dari mana asalnya dan kemudian menghadapi situasi dengan cara yang membuat Anda berdua merasa lebih baik. Kebahagiaan hubungan akan melambung saat Anda memiliki kejujuran semacam ini di dalam suatu hubungan.

5. Tidak berbagi dalam mengambil keputusan

Terakhir, ini adalah kesalahan umum yang dibuat pasangan, tapi tidak terlalu banyak orang membicarakan betapa negatif hal ini dapat mempengaruhi suatu hubungan. Bila satu orang membuat semua keputusan dalam suatu hubungan atau sebagian besar keputusan orang lain dapat merasa ditinggalkan.

Ingat, mereka unik dan memiliki keinginan sendiri dalam hidup. Dan, jika ada orang lain yang membuat semua keputusan besar untuk mereka, mereka tidak dapat sepenuhnya mengekspresikan diri atau menyadari keinginan mereka. Akhirnya, itu akan membuat mereka membenci satu sama lain dan saat itulah hubungan bisa berakhir.

Apalagi orang yang membuat keputusan bisa bosan selalu harus memutuskan. Mereka bisa mulai memandang pasangan mereka lebih dari seorang anak daripada pasangan intim. Itu bisa mempengaruhi bagaimana berbicara dengan mereka dan memperlakukan mereka, yang dapat mempengaruhi hubungan secara negatif lebih jauh lagi.

Intinya adalah jika Anda memilih berbagi hidup dengan seseorang, Anda juga harus berkompromi dengan berbagai hal, termasuk rumah, keuangan, liburan, makanan, anak-anak, TV dan sejuta hal lainnya.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki ini?

Gunakan kejujuran Anda untuk berbagi keinginan dan kebutuhan, pahami keinginan dan kebutuhan pasangan Anda dan kemudian temukan cara untuk membuat semua orang bahagia ketika menyangkut keputusan. Semakin Anda mengerti satu sama lain, semakin mudah hal ini terjadi.

Penting untuk dicatat bahwa terkadang perbedaan akan begitu besar sehingga seseorang harus menyerah dan membiarkan orang lain mengambil keputusan. Misalnya, jika seseorang menginginkan makanan India dan yang lainnya menginginkan orang Italia, jelas sebuah keputusan yang membuat seseorang bahagia harus dibuat. Ini akan menciptakan keseimbangan yang akan membuat Anda berdua bahagia.

Itulah beberapa hal yang dapat memicu pasangan untuk pergi dan menjauhi Anda. Semoga artikel diatas bermanfaat.